Rabu, 20 Maret 2013

Rawat Tutup Tangki, Cegah Mesin Mati Mendadak



Tangki bensin berfungsi untuk tempat bahan bakar yang akan dikirimkan ke ruang bakar melalui karburator atau throttle body di pacuan injeksi. Saat kita melakukan perawatan terhadap kondisi saluran bahan bakar motor kita namun jangan lupakan juga pengecekan pada tutup tangkinya.

Karena tutup tangki bahan bakar bukan hanya berfungsi sebagai penutup tangki. Tapi, berfungsi juga sebagai jalur pernafasan bahan bakar yang mengalir dari tangki ke karburator. Jika sampai saluran pernafasan yang hanya sebesar jarum tersebut tersumbat, bisa dipastikan terjadi kevakuman di dalam tangki. Akibatnya, bensin tertahan di tangki dan tidak mau mengalir.

Ada beberapa kejadian motor mati mendadak karena bahan bakar tidak bisa mengalir. Sebabnya saluran pernafasan yang berada pada tutup tangki mengalami penyumbatan.
“Ada beberapa keluhan dari konsumen, motornya mati mendadak disebabkan karena bahan bakar tidak bisa mengalir ke kaburator. Setelah dilakukan pengecekan, baru ketahuan jika penyebabnya saluran pernafasan yang ada di tutup tangki tersumbat kotoran,” buka Yunan dari bengkel TSM yang ada di Karangduren, Tengaran, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

Gejala ini bisa dilacak untuk lebih memastikannya. Kita bisa melakukan pengecekan dengan cara menghidupkan sepeda motor dengan kondisi tutup tangki terbuka. Jika motor bisa hidup normal ketika tutup tangki dibuka, maka jelas permasalahannya pada tutup tangki yang tersumbat.

Mengatasinya, bersihkan saluran pernafasan yang tersumbat tersebut. “Untuk membersihkan kotoran yang menutup saluran pernafasan itu, bisa menggunakan udara bertekanan atau angin dari kompresor. Sehingga kotoran bisa lebih maksimal dibersihkan,” tutup pria yang juga hobi adventure ini. 

Sumber : motorplus-online.com

Related Posts:

  • Korek Harian 4-Tak : Setting Karburator Meski bisa pertahankan karbu standar bawaan pabrik, kohar alias korek harian 4-tak tetap perlu ubah setingan. “Kompresi sudah naik dan kem dikorek, karbu sebagai pemasok gas bakar harus disesuaikan,” jelas Teng Suang Hak,… Read More
  • Sepeda Motor Injeksi Ada salah persepsi di masyarakat indonesia tentang motor yang menggunakan mesin injeksi, yang katanya ribet lah, lebih mahal lah. padahal kenyataannya motor dengan teknologi injeksi lebih irit 10% dalam konsumsi BBM diban… Read More
  • Trik Atasi Bodi Plastik Berisik Desain motor saat ini makin gaya dan modern. Berbagai bentuk yang dinamis, sungguh berbeda dengan rancangan beberapa masa lalu. Tentu ini terjadi karena bahan baku pembuat bodi semakin baik dan sudah ada teknologi yang m… Read More
  • Tips Kopling Otomatis Yamaha Vega R Pen Per Kopling Otomatis Lemah? Kanibal Per Korek Api Motor susah hidup saat tombol motor starter atau, salah satu sebabnya adalah tidak maksimalnya poros kruk-as dipelintir. Sehingga terjadi gejala selip dan susa… Read More
  • Motor Sulit Menyala Pagi Hari? Cek Sistem Bahan Bakar Terutama di pagi hari, menurut beberapa mekanik, yang sering terjadi adalah lantaran tidak bekerja dengan baiknya sistem bahan bakar. Paling kerap dialami yakni aliran bensin ke karburator gak lancar atau bahkan tidak ma… Read More

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas tanggapan anda.