Kamis, 25 Oktober 2012

Korek Harian 4-Tak : Setting Karburator


Meski bisa pertahankan karbu standar bawaan pabrik, kohar alias korek harian 4-tak tetap perlu ubah setingan. “Kompresi sudah naik dan kem dikorek, karbu sebagai pemasok gas bakar harus disesuaikan,” jelas Teng Suang Hak, mekanik Ahak Motor, yang mangkal di Jl. Kapuk Raya, No. 55D, Jakarta Utara.

Pria akrab dipanggil Ahak itu, ajukan tips simpel nyeting main-jet dan pilot-jet. “Tidak pake patokan. Soalnya karakter masing-masing kohar beda. Kuncinya, rasakan saja dampak di mesin,” kata Ahak yang sibuk garap motor balap pesanan saat ditemui Em-Plus di bengkelnya.


Lakukan penyetelan gas dan angin secara maksimal. “Jika teriakan mesin pada setelan gas tertinggi kurang njerit, berarti main-jet memang kurang. Coba naikan 5 angka dulu,” kata lelaki berambut cepak ini. 

Setelah itu, coba tarik gas. Jika pada gas tinggi tampak kayak ada kosong, alias ada jeda pada pasokan bensin. “Itu main-jet masih kurang. Bisa naikan satu step lagi, atau jadi 7 atau 7,5 angka. Biasanya, untuk kohar kenaikan itu sudah cukup tinggi,” ingatnya. 

Sebaliknya, jika saat digas malah terasa mbrebet di putaran atas. Itu artinya, kenaikan main-jet yang dilakukan terlalu besar dan harus diturunin. Selain mbrebet, setelan main kegedean juga berdampak bensin boros. “Bensin terbuang dan nggak terbakar maksimal. Bisa dilihat di busi. Kalau cepat sekali hitam, berarti setelan kegedean pas,” ujar Ahak lagi. 

Sementara untuk setelan pilot-jet, gejalanya juga dideteksi dengan beberapa hal. Gejala pertama, jika motor susah hidup setelah dilakukan korekan. “Atau setelah hidup, tapi pada putaran bawah tampak seperti ada kosongnya. Kayak bensin enggak jalan. Itu artinya pilot-jet perlu dinaikan,” katanya. 

Cara menaikan juga bertahap. “Sama kayak kenaikan main-jet, coba dinaikan 5 angka dulu,” tambah mekanik yang sukses bikin Kanzen melejit di pentas pasar senggol Jakarta. 

Ahak kasih ancer-ancer, kebiasan yang dilakukannya, setelan pilot-jet maupun main–jet untuk kohar, pas pada penambahan antara 5 sampai 7,5 angka. Tentu saja, tergantung karakter korekan dan jenis karburator. “Tapi dari pengalaman, setingan pilot dan main-jet koharenggak pernah sampai 10. Jenis karburator apapun, deh,” tutup Ahak

dikutip dari www.motorplus-online.com

Related Posts:

  • Salah Isi Oli, Pengaruh Terhadap Tenaga! Ada cerita menarik yang masuk ke redaksi dan patut untuk diulas. Semoga saja kejadian ini tidak sampai dialami biker lain. Masalahnya bukan apa-apa, hari gini masih ada mekanik salah memasukkan tipe oli ke motor.K… Read More
  • CARA MENGGANTI OLI MOTOR YANG BENAR Perawatan motor perlu kita lakukan secara rutin agar tak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, lebih parah lagi karena pada mesin terjadi gesekan komponen satu dan lainnya, jika dibiarkan tanpa memperdulikan peraw… Read More
  • Merawat dan Service Busi Spark Plug / Busi Tahap pertama melakukan service/tune up pada sepeda motor adalah membersihkan/memeriksa busi. Mungkin sebagian kita sudah tidak asing lagi dengan komponen yang satu ini. Busi merupakan pemantik bunga a… Read More
  • Tune Up Sepeda Motor Servicelah Kendaraan Anda Secara Teratur Bagi anda pemilik sepeda motor yang ingin menservice motornya sendiri atau dibengkel harap perhatikan langkah service/tune-up yang wajib dilakukan pada sepeda motor. Secara ga… Read More
  • Rawat Tutup Tangki, Cegah Mesin Mati Mendadak Tangki bensin berfungsi untuk tempat bahan bakar yang akan dikirimkan ke ruang bakar melalui karburator atau throttle body di pacuan injeksi. Saat kita melakukan perawatan terhadap kondisi saluran bahan bakar mo… Read More

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas tanggapan anda.