Senin, 22 Oktober 2012

Konstruksi Master Rem Mobil



Master rem mobil adalah komponen rem yang dipasangkan setelah booster rem . Master rem ini berisi minyak rem yang ditampung dalam tangki master rem. Pada topik kali ini saya akan membahas secara khusus mengenai master rem pada mobil saja. Konstruksi dari master rem ini terdiri atas :
  1. Tangki master rem : adalah wadah untuk menampung minyak rem yang akan digunakan untuk melakukan pengereman.
  2. Pegas adalah komponen dari master rem yang berguna mengembalikan piston ke posisi tidak bekerja alias posisi saat tidak melakukan pengereman.
  3. Piston adalah komponen dari master rem yang berguna untuk menekan minyak rem yang ada di dalam master silinder rem.
  4. Master silinder adalah komponen dari master rem yang menjadi ruang gerak dari piston untuk menekan minyak rem yang ada di dalam master silinder rem ini. Master silinder juga berisi minyak rem yang berasal dari tangki master rem.
  5. Piston cap adalah seal yang dipasangkan pada piston bertujuan untuk membuat ruang yang rapat sehingga tidak terjadi kebocoran minyak rem di master rem ini.
  6. Batang pendorong adalah komponen dari master rem yang menerima gaya pengereman dari booster rem untuk diteruskan dengan menekan piston rem di master rem. 


Demikianlah komponen - komponen utama dari master rem mobil . Master rem ini merubah tenaga mekanis pengereman dari booster rem  menjadi tenaga fluida , sehingga pengereman menjadi lebih ringan tenaganya. Master rem ini dipasangkan pada booster rem dan keluaranya dihubungkan dengan pipa - pipa minyak rem kemudian ke wheel cylinder. 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas tanggapan anda.